Wednesday, August 28, 2019

Jangan Sampai Hidup Diatur Uang


Ya iya ini bener. Salah satu tugas kita di muka bumi ini adalah untuk berikhtiar menghidupi diri sendiri dan keluarga. Dengan cara mencari uang. Tapi setelah uang yang kita cari itu udah didapat, kita bingung gimana ngaturnya. Ujung-ujungnya kok hidup masih rumit njelimet aja padahal kita udah jungkir balik kerja ini itu.

Jangan sedih, ini juga pengalaman pribadi Madam. Dari kecil saya udah bisa dikatakan pinter cari duit. Pinter mengaturnya juga. At least nggak sampek ngutang lah. Paling sering itu ya dalam keadaan pas. Kok bisa begitu?

Karena saya udah tau keperluan saya dan keluarga apa aja, budgetnya berapa. Jadinya udah tau kan cari duitnya harus gimana. Ngumpulin duitnya harus sampek berapa. Apakah Madam punya buku khusus untuk nyatet ini itu? Ngitung ini itu? Oh tentu tidak :D
Dengan anak yang banyak dan banyak ragam pekerjaan yang harus dilakukan, nggak ada waktu untuk tulis-tulisan. Semua waktu, tenaga, pikiran tercurahkan untuk keluarga dan pekerjaan.

Yang berasa banget itu ya kalau lagi nanganin project film layar lebar. Biasanya Madam akan ngajuin budget untuk kebutuhan film tersebut. Begitu budget udah keluar, berarti Madam harus pintar dan amanah dalam ngelola itu uang, sehingga bisa cukup untuk produksi film tersebut. Nggak kekurangan sehingga harus nombok.  Nah kalo ini terpaksa deh harus ada coret-coretannya, tapi ya nggak rapi gitu.. sekedar cukup untuk memantau cash flownya aja.

Sebetulnya hidup itu udah ga perlu ribet lagi.
Apalagi era digital kayak sekarang ini. Udah pasti ada hal yang bisa ngebantu hidup kita supaya lebih mudah. 
Handphone juga udah pada canggih semua. Aplikasi apapun udah lengkap untuk mempermudah hidup kita dari semua segi.
Termasuk aplikasi yang jadi asisten pribadi kita masalah mengatur keuangan. Dari mulai budget keperluan rumah tangga, sampai budget bisnis kita juga ada.

Saya juga baru tau sik aplikasi ini. Dulu pernah nyobain yang versi orang bulenya. Tapi istilah-istilah keuangannya bikin mau mimisan rasanya. Nggak ngerti. Akhirnya minggu lalu baru tau ada aplikasi lifestyle dan keuangan buatan Indonesia. Moneesa. Itu nama aplikasinya.



Dengan Moneesa, kita bisa dibantu untuk mengatur keuangan kita sehari-hari. Dengan penghasilan bulanan yang kita dapat, nanti oleh Moneesa akan diitungin tuh budget untuk transportasi berapa, untuk makan berapa, untuk tabungan berapa, untuk sedekah berapa, bahkan untuk zakat juga diitungin (gambar di atas). Menarik ya kan? Sampek ke urusan sedekah dan zakat diingetin dan dibudgetin lho.  Kalau ada pengeluaran, kita bisa foto struk pembelanjaan, dan masukin ke Moneesa sehingga bisa dipantau budget kita udah kepake berapa. Dan struk pun tersimpan dengan aman seandainya nanti diperlukan.  Ini udah kayak punya asisten keuangan pribadi yang kita tenteng-tenteng dalam genggaman tangan kemana-mana. Kalau udah kayak gini, kita hidup bukan diatur oleh uang.. tapi sukse mengatur uang, pake aplikasi mudah. Gitu.


Darimana kok Madam bisa tau tentang Moneesa? Jadi Madam dan teman-teman Indonesian Female Bloggers diundang pas acara soft launchingnya yang berlangsung di Aruba Caribbean Resto, Kamis 22 Agustus 2019 kemaren. Annisa Sagita, CEO Moneesa, cukup detail menjelaskan mengenai aplikasi keren ini. Akhirnya, setelah tau ada asisten keuangan pribadi, akhirnya pingin ngerasain dong yaa..

Download.
Explore.
Dan ternyata feature-featurenya mudah.
Kata-katanya gampang dimengerti.



Untuk awalnya kita harus punya akunnya dulu yang masukin data diri. Terus, kalau mau dihitungin budget keperluan bulanan kita, isi aja dengan jujur data-data yang diminta oleh Moneesa. Apakah data kita aman? Moneesa sudah menjamin bahwa data yang kita input di aplikasi ini aman. Jadi nggak perlu khawatir data kita akan bocor ke pihak-pihak lain.

Isi data penghasilan dan status pekerjaan, maka Moneesa akan ngitungin budget kita.

Yang lebih serunya lagi, ini sik untuk Madam yaa.. ada fitur investment atau investasi apabila kita ada kelebihan uang tiap bulannya dan berkeinginan untuk berinvestasi. Di Moneesa ini udah ada banyak pilihan, kita mau investasi yang kayak apa. Bingung? Tenang. Sebentar lagi Moneesa akan upgrade aplikasinya sehingga akan ada fitur layanan konsultasi dengan ahli keuangan mereka. Jadi kita bisa tanya-tanya dulu sebelum kita mutusin mau pilih investasi yang mana. 

Nggak pake susah. Nggak pake ribet lah kalau hidup di zaman sekarang itu. Bahkan untuk hal keuangan yang bukan my favorite thing aja bisa dibikin simple banget. Be right back, mau ngutak ngatik aplikasi Moneesa Madam dulu yaaaa… 

No comments:

Post a Comment

Jangan Sampai Hidup Diatur Uang

Ya iya ini bener. Salah satu tugas kita di muka bumi ini adalah untuk berikhtiar menghidupi diri sendiri dan keluarga. Dengan cara ...