Wednesday, June 21, 2017

Durasi Video Youtube untuk Pemula


Minggu2 terakhir ini banyak dapet pertanyaan dari temen2 tentang durasi video Youtube. Kebetulan tentang durasi ini pernah gue bahas saat kasih workshop bersama @femalevloggersid @femalebloggersid, dan sekarang #YonnaCobaJawab di akun IG gue yaa.. biar pada bisa baca dan semoga bisa jadi kontribusi #edukasibangsa.

Berapa lama sebaiknya bikin video youtube itu? Untuk kalian para newbie, yang baru belajar bikin video, yang baru membiasakan diri utk nyaman berbicara di depan kamera, sebaiknya jangan pikirin durasi dulu deh. Durasi urusan belakangan. Yang harus utama dipikirkan adalah:



1. Sudah tau apa yang mau diomongin di videonya. 
Bikin point2 speech nya. Kemarin @carolineadenan juga tanya: apa perlu bikin script tentang apa yg mau diomongin? Gue bilang ga usah. Cukup bikin point2nya. Lha kenapa? Karena nanti lama2 loe akan berasa bikin video itu ribet. Karena nanti loe otaknya nggak terpecut utk mengembangkan point2 menjadi beberapa kalimat. Jadi bikin point2nya aja.

We'll never know what our lives would bring kaann.. sapa tau nanti kita akan dapet banyak kesempatan endorsement. Jadi kita udah terbiasa bikin video dengan sigap dan luwes. Siapa tau juga nanti ada tawaran kerjasama dengan pihak luar untuk bikin video bareng, jadi skill kita udah masuk ke skill yang profesional lah ketika harus berbicara di depan kamera.

Beberapa minggu yang lalu gue dapet kesempatan untuk bikin video untuk salah satu perusahaan kosmetik hits di Indonesia, bahkan dunia. Dan gue cukup bahagia membuat mereka mudah saat melakukan pekerjaan mereka membuat video dengan gue sebagai pembicaranya, karena semuanya hanya 1 take only. Nggak ada yang diulang-ulang. 

"Wah enak nih kalau sama mbak Yonna, one take langsung jadi.." Begitu katanya :)

So you get the point kan kenapa gue saranin bikin point-point speech nya aja instead of bikin the whole script? Apalagi kalau udah memasuki usia matang gini yaaakk.. baca script tuh kayaknya satu huruf pun nggak ada yang nyangkut di otak :D
Dengan bikin point-point speech, lama-kelamaan kita akan luwes saat akan berbicara di depan kamera dan udah tau apa yang mau diomongin. Lama kelamaan juga akhirnya udah nggak perlu bikin point-point speech lagi. Cukup di dalam kepala aja.

2. Pesannya nyampe ke pemirsa
Ini lho yang paling penting. Kita harus tau, inti dari video yang dibuat itu, mau nyampein pesan apakah ke penontonnya? Pesan itulah yang harus terdelivered dengan baik. Jangan kebanyakan basa-basi. Selain belum tentu kita ngomongnya bisa enak dan bisa nahan penonton untuk tetap nonton video kita sampek habis, basa basi bisa bikin kita kehilangan arah dalan nyampein pesan intinya.

Jadi take your time aja dulu dalam bikin videonya. Jangan terpagari dengan durasi aja dulu. Buat apa kita bikin video 5 menit, tapi pesannya nggak sampek kepada yang nonton? Kesian kan quota internet mereka terbuang? Buat apa kita bikin video durasi 10 menit, tapi isinya kebanyakan basa basinya.. mau nyampein pesan utamanya kudu muter-muter kemana-kemana dulu. Buat apa bikin video durasi 2 menit, tapi kita ngomong keburu-keburu dan bikin yang nonton jadi nggak nyaman.

3. Terlihat enjoy saat bicara di depan kamera
Ini yang harus dilatih dulu. Enjoy dulu. Kalau kita udah enjoy bicara di depan kamera, outputnya adalah penonton akan enjoy juga nontonin kita. Embrace the moment saat kita bicara di depan kamera. Nggak usah pikirin durasi. Durasi video sampe 20 menit, tapi kita terlihat menyenangkan saat bicara, terlihat kita tau apa yang kita bicarakan, pasti yang nontonin juga banyak. Ini contohnya.

Jadi the answer untuk berapa durasinya video youtube itu sebaiknya kalau untuk pemula? Jawabannya adalah tergantung kemajuan skill kalian nanti. Jalanin dulu aja point 1-3. Lalu lihat, rata-ratanya kalian bikin video itu setelah di edit jadi berapa lama. Lalu konsisten kerjakan terus. Kemarin gue sempat bilang saat workshop, bikin video youtube durasinya minimal 10 menit. Ini ternyata secara nggak sadar jadi 'beban' baru untuk teman-teman yang baru mau mulai. Dan akhirnya ada yang jiper belum mau mulai.

So, the best answer untuk teman-teman pemula yang mau youtubean dan lagi semangat mau bikin video, jawaban yang paling tepat adalah tergantung kemajuan skill kalian nanti setelah menjalani video youtube.

Sok atuuh kalau ada yang mau ditanyakan seputar makeup, youtube, parenting, bisa langsung DM ke instagram gue di @YonnaKairupan dan jangan lupa follow yaaa friends..

1 comment:

  1. Makasi banyak bun.. manfaat banget inii.. 😍

    ReplyDelete

Sibuk? Anak Banyak? Belanjanya Begini Aja

Lagi fokus banget di lokasi shooting, dapet whatsapp dari si bungsu kalo odol abis, sabun abis, ini abis, itu abis.. plus dia minta c...