Friday, April 28, 2017

Tips Mudah Merawat Mobil dan Motor


Gue langsung bereaksi ketika ada yang bilang “konon katanya mobil yang biasa dipakai oleh wanita pas dijual lagi jadi lebih murah”. Reaksi gue? Ya nggak setuju dong sambil nunjukin ekspresi wajah yang sewot-sewot ngegemesin gitu. Tapi terus gue jadi mikir. Lha nggak setujunya kenapa? Ya karena kan gue pake mobilnya nggak kasar-kasar. Kalo ada jengglokan, gw ngerem. Nggak semacam supir taksi yang maen bablas aja kan. Terus tapi mobilnya terawat nggak? Nah baru bisa mikir deh. Iya juga sik. Karena gue nggak ngerti tentang perawatan mobil. Dan males juga ngerjainnya.



Hari Selasa 25 April 2017 kemarin gue dan para bloggers dari Indonesian Social Blogpreneur hadir di acara yang digelar oleh Mobil123.com, Portal Otomotif no.1 di The Hook. Acaranya membahas mengenai Merawat Kendaraan Semudah Senyum dan gue akan share dari versi awamnya tentang apa yang gue dapatkan di acara ini.

Mobil123.com menghadirkan Agung Prabowo, ST selaku Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricant dan juga Ipoet Kusumonegoro, seorang Lady Biker yang bawaannya adalah moge (motor gede), dan Syafudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricant.


Gue mendengarkan dan mencatat dengan khusyuk apa yang disampaikan oleh pembicara. Karena gue memang perlu tau ilmu ini. Secara gue hanya ngerti nyetir mobil doang. Dan saat itu gue menanyakan:

Sebagai seorang ibu yang ngurusin 4 orang anak dan berkegiatan di luar rumah yang sampai malam hari, dan tidak memiliki lagi waktu khusus untuk melakukan perawatan kendaraan di rumah sambil senyum, dan selama ini hanya mengandalkan bengkel yang pelayanannya memuaskan, karena gue hanya tinggal kasih kunci mobil, lalu mamas-mamasnya yang akan ngurusin ganti oli, ganti air radiator, ngecek tekanan angin di ban..

Kalau ditanya air radiator mau yang mana bu? Gue tinggal jawab: yang rasa stroberi..
Kalau ditanya tekanan anginnya berapa bu? Gue tinggal jawab: yang anak banyak..

Jadi kan gue ngerasa dimanjain dan dimengerti banget kaaaann πŸ˜›
Nah apakah mengandalkan bengkel langganan itu cukup untuk melakukan perawatan kendaraan?



Dijawab oleh Ipoet yang juga ditambahkan oleh Bapak Agung Prabowo, kurang lebih seperti ini:

Sebetulnya mengandalkan bengkel langganan memang cukup. Yang penting rutin. Dan apabila mobil abis dipake jarak jauh, langsung bawa ke bengkel. Hanya untuk sekedar cek aja, just in case ada beberapa part yang ‘lelah’ akibat pemakaian jarak jauh tersebut. Nah ini nih yang gue nggak praktekin.

Ditambahkan juga oleh Bapak Agung, yang penting harus diperiksa itu tiap hari adalah kondisi bannya. Apakah lurus seimbang. Lihat kondisi angin bannya. Apakah masih sama dengan yang kemarin, atau lebih kempes dikit. Nah ini yang gue benar-benar lalai. Gue nggak pernah ngeh kondisi ban yang kemarin dan hari ini. Dan ini bahaya banget!

Pernah suatu hari gue hanya main masuk mobil dan nyetir. Jemput anak-anak pulang sekolah. Di tol itu gue udah ngerasa kok jalannya mobil nggak enak yaaa. Begitu keluar dari tol, ada motor yang mepet ke mobil gue dan bilang “ban mobilnya bu!”

Sempet gue ngira kalo itu adalah modus. Jadi gue nggak mau langsung berenti. Gue masih terus dulu sampek gue ketemu Alfamart dan parkir disana. Pas gue liat ternyata ban kanan belakang mobil gue itu kempes rata dengan tanah!. Ya Allah.. alhamdulillah Allah masih melindungi gue dan anak-anak.

para pembicara yang serius nyimak pertanyaan gue niy :P
Oiya..tambahan terakhir dari Pak Agung adalah… pilih bengkel yang sifatnya pro-aktif, artinya yang berinisiatif mengingatkan customernya untuk melakukan perawatan mobil. Ganti oli, cek angin ban, ganti ban, dan reminder-reminder lainnya. Udah banyak katanya bengkel yang pro-aktif seperti ini. 

Ok.. sekarang gue akan share tips mendasar dalam merawat kendaraan kita yaaa.

Tips merawat mobil
  1. Harus ada Toolkit
Cek kelengkapan dan kondisinya tiap minggu supaya ketika kita butuh, toolkitnya siap sedia. Jadi toolkit ini sebaiknya dikumpulin dalam 1 box aja biar nggak mencar-mencar.

  1. Selalu cek tekanan angin
Ini berlaku untuk semua kendaraan yaa, baik mobil dan motor. Setiap hari. Karena pada pergantian siang dan malam, suhu secara nggak langsung akan mempengaruhi ‘kekerasan’ ban kendaraan kita.

  1. Cek kondisi jok mobil
Bagi yang sering membuka kaca mobil saat nyetir, salah satu resikonya adalah jok akan lebih mudah kotor terkena debu, kotoran, dll. Jadi sebisa mungkin jok mobil ini harus rajin divakum.

  1. Jaga kebersihan body kendaraan.
Body mobil inilah salah satu patokan untuk ngeliat apakah mobil itu terawat atau nggak. Apakah kendaraan banyak terdapat goresan, bekas tabrakan, atau ada yang keropos. Mobil yang abis terkena becek atau lumpur, sebisa mungkin segera dicuci agar kotoran nggak menempel terlalu lama di kendaraan.

  1. Jaga kebersihan kaca
Banyak yang mikir kalau mobil abis dicuci, palingan kaca juga akan bersih dengan sendirinya. Nah ini salah nih. Sama aja kayak kita mandi dan ngerasa nggak harus menggosok bagian punggung kaki karena ngerasa pasti udah bersih dengan sendirinya. Padahal abis itu akan terlihat kalau kulit kaki keliatan lebih kusam, gatel-gatel, dan banyak daki yang numpuk. Ya sama juga dengan kaca mobil. Jadi jangan lupa kaca mobil juga dibersihkan terutama kotoran-kotoran yang nyempil di pojok-pojok frame juga harus dibuang. Kaca yang terlalu lama dalam keadaan kotor akan bikin kaca mobil jadi kusam, menguning, dan jamuran.

  1. Cek keadaan lampu mobil
Lampu depan, belakang, indikator, dan lampu pada kabin wajib dipastikan semuanya dalam kondisi baik. Karena biar bagaimanapun lampu-lampu tersebut akan membantu kita saat nyetir.

  1. Cek oli mesin
Ini termasuk yang harus jadi perhatian khusus. Walaupun oli mesin ada rentang waktunya tersendiri yang biasanya ditulisin di kertas pengingat oleh petugas bengkel, tapi rutinitas yang kita lakukan dengan kendaraan kita itu beda-beda tiap orangnya. Jadi pastikan untuk rajin memantau oli dan tanggap dengan lampu indikator oli.

  1. Cek air radiator
Ini yang hampir nggak pernah gue lakukan nih. Jangan diikutin yaa. Hampir sama dengan saat ngecek oli, air radiator merupakan hal yang harus dicek terus, apakalah mengalami kebocoran atau tiak. Karena salah satu efek kalo air radiatornya bocor dan habis adalah ke kondisi mesin yang rusah total dan harus turun mesin.

  1. Kondisi Aki
Aki berperan pada kondisi kelistrikan mobil dan apapun yang berkaitan dengan bagian-bagian elektronik, mayoritas akan bergantung pada kondisi aki.

  1. Sediakan selalu ban serep
Dan pastikan ban serepnya juga dalam keadaan bagus yaa. Karena apapun bisa terjadi apda ban mobil kita saat di tengah jalan. Gue udah mengalami soalnya. Dan punya ban serep yang nggak bisa diandalkan bener-bener bikin panik.


Tips merawat motor
  1. Periksa kondisi oli
Olinya harus yang kualitasnya bagus karena kasian mesin motornya kalau dikasih oli dengan kualitas yang rendah. Untuk motor matic, suami gue menggunakan oli Matic-G Enduro dari Pertamina

  1. Cek kondisi aki
Jangan biarkan air accu melewati matas maksimum dan minimumnya. Kalau kurang, tiap pagi jangan lupa ditambahin. Segera ganti aki yang udah melemah karena kalau nggak nanti akan menimbulkan efek negatif terhadap kelistrikan yang bisa menyebabkan motor jadi boros bahan bakar.

  1. Periksa rantai dan gir
Jangan sampai rantai terlalu kendoro atau terlalu kencang karena rantai yang lepas atau putus akan membahayakan pengedaranya.

  1. Periksa kabel koil dan busi
Perhatikan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti apabila sudah ada retak dan berumur. Busi yang sudah kotor harus segera dibersihkan. Kalau sudah berumur, harus segera diganti sesuai dengan standar pabrikan. Busi merupakan sumber api yang vita dalam pembakaran di mesin motor.

  1. Perhatikan selang bensin
Selang bensin ini rawan bocor nih. Biasanya bocor karena umur.

  1. Panaskan motor secukupnya
Biasanya 1-2 menit udah cukup. Kalau kelamaan akan bikin boros bensin dan polusi juga kan.

  1. Periksa tekanan angin pada ban
Ini penjelasannya sama dengan tips merawatan mobil yak. Ada diatas :D

  1. Gunakan part sesuai rekomendasi pabrikan
Hal ini penting untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara

  1. Rutin dicuci dan ke bengkel
Dibawa ke bengkel ini penting lho soalnya agar bisa dicek lebih detil lagi apabila ada masalah.

Itu aja sik yang bisa gue share tentang ilmu merawat kendaraan di acara Mobil123.com bersama Pertamina Lubricants kemarin itu. Semoga ada manfaatnya untuk ibu-ibu tegar seperti gue ini yaaa. Yang taunya cuman maen pake kendaraan aja.. :D

11 comments:

  1. Ibu-ibu tegar wkwkw. Nicep post, Mak. :)

    ReplyDelete
  2. Aku kalo liat cewe bisa Utak atik mobil sendiri aku langsung gini "waaaaw.. kereeen"

    ReplyDelete
  3. Dulu aku klo pake mobil yg selalu di tekankan sama ortu dan suami adalah selalu cek air dan oli sebelum pergi. Kalau masalah kebersihan mobil aku serahkan pada pak suami atau tukang cuci ajalah.. πŸ˜‰

    Makasih ya bun buat tips2nya.. jd tau apa aja yg hrs diperhatikan untuk merawat kendaraan bermotor.. 😊

    ReplyDelete
  4. cewek yang demen bersusah2 ngelapin kendaraan,utak atik itu seksih hehee

    #tips lengkap bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Walaupun cewek gak boleh kalah sm cowok dlm merawat kendaraan ya Mak :D

    ReplyDelete
  6. Selain harus dirawat juga harus perhatikan fungsi spare part nya ya? Terutama Olie atau pelumasnya.

    ReplyDelete
  7. Cewek mesti pinter juga ngerawat kendaraannya, ya amggep lagi nyalon ya Mba Yon.

    ReplyDelete
  8. Ibu2 kece emng yg suka ngerawat kendaraanya. Tipsnya bermanfaat bgt bu makasih yaa heheh

    ReplyDelete
  9. Hahaha tekanan angin yang anak banyak oli strawberry. Lucu-lucu. Tipsnya bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  10. paling enak emang ke bengkel, tapi mang kita sebagai perempuan perlu tau. jadi bisa bikin kendaraan awet

    ReplyDelete
  11. Biasanya emak2 lebih telaten soal perawatan. Jaman sekarang mobil bekas cewek lebih banyak diminati karena terawat .

    ReplyDelete

How Do You Talk to an Angel?

Scene 1: Di bagian mainan anak-anak. Tiba-tiba ada anak yang kira-kira umur 4 tahunan langsung teriak. "Mau yang ini!!!!" ...