Tuesday, March 21, 2017

Buat Orang Tua dengan Batita dan Balita Ketika Nonton Bioskop


Sebetulnya agak risky nulis tentang hal ini. Bisa-bisa gue dianggap orang yang nggak punya hati terhadap anak kecil. Tapi ya tak apalah… siapa tau ada yang berbesar hati menganggap ini pelajaran. Bismillah aja..

SEMUA ORANG TUA harus tau bahwa bioskop itu adalah tempat hiburan bagi pecinta film, dimana untuk masuknya harus bayar dan bisa nikmatin film kesukaannya. Jadi kita sebagai orang tua juga harus bisa jaga perasaan orang lain yang udah bayar untuk nonton masuk bioskop. Jangan sampai kita mengusik kenyamanannya. Tapi mungkin semua ortu udah tau kali yaa.. tapi mungkin nggak pedulikah?


Maksudnya adalah, mbokya kalo punya batita atau balita yang memang nggak akan bisa anteng di dalam bioskop, sebaikya nggak usah dipaksakan bawa anak ke dalam bioskop. Pertama, kesian anaknya juga kebosenan dan pingin berkegiatan lainnya. Kedua, kesian dengan orang lain yang ingin dengan damai menikmati film.

“Tapi kan gue juga manusia yang pingin nikmatin nonton film dan anak gue nggak bisa ditinggal atau dititipin ke orang lain.."

Ya kalo gitu kasih pengertian dulu dengan sebaik-baiknya ke anaknya tentang bioskop itu apa. Apa yang harus dilakukan di dalam bioskop. Apa yang dilarang. Jangan bilang nggak mungkin bisa mengerti anaknya, karena gue sudah membuktikannya kepada 4 anak gue dan mereka sejak usia 3 tahun udah nonton di bioskop dan nggak mengganggu ketenangan orang lain.

Duduk anteng.
Nggak lari-larian.
Fokus ke film.
Kalau seru mreka berekspresi sewajarnya.
Kalau sedih, ya mereka nangis.
Kalau ngagetin ya mereka kekagetan sendiri.
Lucuk deh..

Jadi anak-anak itu bisa kok dikasih pengertian. Ulang-ulangin aja terus kasih pengertiannya sebelum diajak ke bioskop. Kalau perlu latian dulu di rumah dengan nonton DVD bareng-bareng.

Kalo anaknya masih belum bisa juga mengerti dan nggak suka diajak ke bioskop, ya berarti sebagai orang tua harus ngalah lah. Nggak bisa maksain diri tetep bawa anak ke bioskop. Anaknya jadi rewel dan teriak-teriak. Penonton bioskop yang lain jadinya terganggu kenyamanannya. Masih ada jalan lain pastinya gimana loe bisa nikmatin film yang loe incer. Dan yang paling menggemaskan itu adalah… ketika anaknya nangis-nangis atau berisik di bioskop, ortunya malah anteng aja nikmatin film tanpa terlihat ada usaha untuk ngantengin anaknya. (Mungkin juga udah usaha, tapi nggak berhasil lalu memilih cuek..)

Waktu itu...
Gue sekeluarga nonton Star Wars. Ada kalik deh 4 anak kecil lari-larian ketawa naik turun tangga, dan ada anak lainnya nangis-nangis selama film berlangsung. Lari-larian dan ketawa-ketawa memang itu kegiatannya anak-anak. Namanya juga anak-anak. Tapi mereka juga harus diberi pengertian bahwa bioskop bukan tempat untuk lari-larian. Dalam keadaan gelap pula. Akibatnya bisa macem-macemlah nantinya.

Kira-kira minggu lalu pas nonton Logan.
Ada sepasang anak cewek kembar umurnya sekitar 2,5 tahun kalo menurut penerawangan gue. Dua-duanya nangsi-nangis selama film berlangsung. Ya mereka takut juga kaliiiikk liat orang berantem-berantem di layar guedeeeee….


Dan yah… bukan hanya gue yang merasa terganggu. Tapi pengunjung lain pun merasa terganggu. Kan nggak enak yaaa kalau anak kita di-hush-in orang lain. So please… be wise to all the parents for being parents. Bisa juga anaknya dibawa keluar kalau memang sudah mulai rewel atau nangis-nangis. Dan dari pihak bioskopnya mungkin bisa juga ngingetin ke orang tua yang bawa anak untuk tetap menjaga kenyamanan orang lain selama film berlangsung.  

Mohon maaf kalau ada orang tua yang tersinggung dengan postingan ini.. Setidaknya ada masukan dari gue bahwa anak bisa kok diarahkan bertindak seperti apa di tempat tertentu. Setidaknya (lagi) gue masih respek sama ortu yang berusaha ngantengin anaknya yang di rewel di bioskop.

10 comments:

  1. Aq setuju dengan mu bundaaaa. Aq udah nonton bioskop dari jaman TK umur sekitar 4 tahun. Nonton warkop DKI inget banget. Dibilangin klo ada yg seksi matanya tutup yaaa.. dan gw +abang gw (5,5thn) nurut.. 😂😂😂 sayang di tahun2 itu ngga banyak film bioskop ramah anak. Tahun2 kelam bioskop indonesia kayanya.. 🙈Jadi baru mulai nonton bioskop lagi jaman sma deh kayanya. Aq selalu kasian sama anaknya... Apalagi klo sampe nangis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah yang loe lakukan ketika kecil di bioskop, itu yang dilakukan anak2 gue sampek sekarang.. langsung serempak kayak tentara gitu mereka nutup mata kalau ada 'adegan dosa' :D

      Delete
  2. Gemesin klo ada ortu yg ngga mau ngalah.. Kasian anaknya dibiarin nangis dan ganggu orang lain jg

    ReplyDelete
  3. Totally agree... Anak2ku tipe yg gak bisa bosen. Kalo sdh bosen, tingkahnya ajaib. Dan kita puasa nonton bioskop sampe mereka umur 5 tahuuuun... Stlh berkali2 ikut nonton DVD Kita yakin mereka siap diajak nonton bioskop barulah kita bawa pasukan sirkus ini nonton bioskop. Dan mereka anteng & serius nonton krn genre filmnya jg anak2. Yeeeaaayy...

    ReplyDelete
  4. Mayo mau tanya dong, kalo ada pasangan Ibu dan anak lima tahun terus kakinya ga bisa diem nendang-nendang bangku enaknya diapain ya?
    Aku pengalaman, sebel banget, ga nyaman, ga menikmati film jadinya :(

    ReplyDelete
  5. Kok aneh si anak kecil di ajak nonton logan..
    Emang itu film anak-anak ya bunyon?

    ReplyDelete
  6. Nggak cuma di bioskop deh mb Yonna. Etika pas bertamu juga. Sering kenalan yg bertamu trus anaknya ribut lari2an atau blusak blusuk di tempat bertamu. Si empunya rumah kan serba salah. Dibiarin khawatir ada perabotan yg pecah, mau ngelarang ya serba salah. Sementara yg punya anak keles aja😯

    ReplyDelete
  7. Ah iya banget ini, Mayo. Sering aku lihat penonton bawa anaknya yang masih bayi atau balita trus nangis. Atau anaknya yang berisik teriak-teriak sampai salto naik turun tangga tapi ortunya diam aja. Yang lebih miris, bawa anaknya padahal filmnya untuk 18+, hanya karena ortunya pengen nonton film. Giliran udah kelar nontonnya, komen kalo filmnya banyak adegan dewasa padahal emang tulisannya 18+. Zzzzz banget.

    ReplyDelete
  8. Aku pernah Mbak nonton film dan denger bayi orang lain nangis hampir di sepanjang filmnya. 😐😐😐

    ReplyDelete
  9. Pernah nih MaYo pas nonton Uang Panai. 2 anak kerjanya bolak-balik mulu, padahal udah usia TK. Lah saya kan bayar buat nonton bioskop, bukan pala itu anak, haha... Saya bentangin aja kaki biar itu anak ga bisa lewat. Emak sama Neneknya ngelihatin, bodo amat, haha...

    ReplyDelete

Si Entong (Harus) Kerja

Punya anak banyak, membuat saya dan suami punya 'gaya' tersendiri dalam mendidik anak-anak kami. Sejak kecil kami nggak membiasak...