Sunday, July 13, 2014

Anak Pendiam krn Pengaruh Gadget Sejak Dini



Ada info yg tadi sempet gue baca di Tabloid Nova. Ulasan mengapa anak beraninya 'heboh' di SosMed. Ini kejadian yang sering ada di sekitar kita lho.

Gw rangkum sedikit tulisannya Hasto Prianggoro di Tabloid Nova (Beraninya "Heboh" di Media Sosial) yaaa...

Anak akan sangat berkicau di Sosmes ketimbang di dunia nyata kalau bertemu temannya. Walaupun anak gue belum mulai bersosmed, tapigue cukup sering ngeliat kejadian ini. Jangankan anak, orang dewasa aja juga gitu kok.

Sering terjadi seorang anak yang sangat lucu berceloteh di Sosmed, tapi ketika bertemu dengan teman sosmednya di dunia nyata, eehh malah diem2an..

Adib Setiawan, M.Psi, seorang Psikolog di www.praktekpsikolog.com, menjelaskan.... itu terjadi karena anak terlalu sering atau terlalu lama menghadapi 'benda'.. dan nggak terbiasa berkomunikasi dengan orang langsung.

Anak2 yg terlalu dini bersentuhan dengan gadget, besar banget kemungkinannya akan tumbuh menjadi anak yang pendiam, pemalu, nggak punya temen.. malah bisa menjurus ke anti sosial. Padahal sifat dasar anak adalah banyak bicara, percaya diri, dan banyak nanya kaann...

Kalaupun mau dikenali dengan gadget, sebaiknya sejak SMP... katanya Mas Adib lho yaaakk.. Soalnya kan diusia SMP ini anak udh mulai bisa mengontrol diri (kalo ini kata gue) dan dengan pengawasan yg benar, pengetahuannya juga akan meningkat melalui gadgetnya

Untuk anak2 SD sebaiknya dikenalkan bahwa fungsi HP itu adalah untuk menelepon. Berkomunikasi dan berinteraksi lewat telepon. Jadi penting banget utk anak2 SD nggak dikasih gadget secara berlebihan. Fokus di komunikasi langsung dengan sekitarnya.

Seorang anak yg terlatih berkomunikasi dengan baik, emosinya akan lebih matang. Secara psikologis ini akan lebih sehat krn hubungan dengan ortu, keluarga dan teman2nya bakalan hangat dan akrab.

How Do You Talk to an Angel?

Scene 1: Di bagian mainan anak-anak. Tiba-tiba ada anak yang kira-kira umur 4 tahunan langsung teriak. "Mau yang ini!!!!" ...