Monday, June 3, 2013

Kisah Untuk Melvyn--Happy Birthday, Son..




Tulisan di bawah ini gw buat 1 Juni 2009 di facebook notes gw.
Dan gw putuskan untuk gw tarok di blog aja deh.. It's my story for my dearest Melvyn..

And for me...I will never forget every second of this moment. For my whole life has changed right after he came along.. I love you, son..

======

KISAH UNTUK MELVYN.. 

Subhanallaah..anak mama sekarang udah 7 thn umurnyaaa.. 
Beneer dweehh..rasanya kayak baru kemaren aja kamu itu lahir.. 
Daripada mama simpen cerita ini dalam pikiran..dan senyum2 sendiri pas lagi mengingatnya..mendingan mama tuang dlm bentuk kisah..Jadi..nanti kamu bisa baca yaa nak.. 

*air mata mulai ngembeng..* 

Kamis, 30 Mei 2002 
Maghrib.. 
Seharian perut udah mules2 ga beraturan.. 
Pas maghrib, mulai deh itu mules2 per 5 menit. 
Untung papa udah pulang..Jadinya mama langsung deh dianter ke RS YPK 
Begitu sampe di YPK, pas diperiksa dalam *nanti mama yg jelasin langsung ke Melvyn apa itu periksa dalam yaaaa*, ternyata baru pembukaan 1 tapi udh ada pendarahan.. 
Pihak RS ga mau nyuruh mm pulang lagi.. 
Dr. Ovy a.k.a Dwiana Ocviyanti memerintahkan (ke anak buahnya) untuk ga nyuruh mm pulang.. 
Tp stay di RS buat observasi lanjut. 
Akhirnya mm stay di RS..buat jaga-jaga, krn sebelumnya udh ada pendarahan itu..mama istirahat di ruangan Kala I (ruangan buat orang siap melahirkan) 
Papa? Udah pasti setia buanget doong nemenin mama.. 
Pp langsung sibuk banget ngatur2 sofa dan teman2nya supaya pp bisa enak tidur nemenin mama..hihihi.. 

Jum’at 31 Mei 2002 
Masih mules2.. 
Tapi masih pembukaan 1.. 
Sementara udh bbrp kali ganti ibu2 hamil di ruangan kala 1 itu.. 
Mereka transit bentar di kala 1, terus masuk kala 2, terus ga berapa lama ada “eyaaaa..eyaaaa” *jeritan tangis bayi ceritanya =D* 
Akhirnya mama dipindahkan ke ruang rawat inap.. 
Waktu itu masuk di ruangan anggrek.. 
Disana udah ada anak SMA yg baru aja melahirkan.. 
Seharian mm mules..punggung panas..pinggang pegal bin panas.. 
Tapi masiiiihh aja pembukaan 1.. 
Mama doa terus semoga ga ada apa2 sama Melvyn.. 

Sabtu 1 Juni 2002 
Granny ultah.. 
Mama bilang ke granny: “untuk hadiah ulang tahunnya..sabar ya maaaa..belum keluar2 niy..” 
Wuiiihh Granny itu sangat menunggu2 sekali kehadiran Melvyn..calon cucu pertama gituu lhooooo.. 

Hari ini masih cuman mules2..dan masih juga di pembukaan 1.. 
Kerjaan mm jalan bolak balik sepanjang koridor RS.. 
Sambil doa..”ya Allah..mudah2an bisa ngelahirin normal..dan ga pake ‘digunting’ “ 
Amin.. 

Mulesnya berasa makin luar biasa.. 
Tapi intervalnya makin jarang.. 
Tp tiap kali mules bener2 suaaakiit banget.. 
Dr. Ovy bilang ternyata kamu termasuk tipe janin penidur.. 
Dok coba pancing2 Melv dgn bell, kamu cuman bereaksi nyikut sedikit.. 
Nahh..krn dok ngeliat mm secara fisik udah capek banget..krn kan syusyaaah banget tidur tuuhh.. 
Dan mm juga penderita asma.. 
Akhirnya dr. Ovy rembukan sama papa.. 
Drpd takutnya fisik mm drop banget..dan pas ngelahirinnya nanti fisik lemah, jd mm ga kuat ‘push’.. 
Maka dok dan papa setuju untuk menginduksi mm hari Minggu, 2 Juni 2002 
Hari ini mm disuruh istirahat betul2 krn Minggu merupakan hari yang berat.. 
Bismillah.. 


Minggu, 2 Juni 2002 
Jam 4 pagi.. 
Mulai diinduksi via vagina sama suster.. 
Huaaahhh..yg bener aja niy suster.. 
Orang baru aja bisa tidur..terpaksa bangun buat diinduksi.. 
Sadissss… 
Ternyata induksi via vagina ini bener2 ga mempan buat mama.. 
Kamu emang siy kontraksi terusss.. 
Tapi pembukaan cuman sampe di pembukaan 2..pas jam 4 sore.. 
Akhirnya jam 5 sore, dok memutuskan untuk induksi lewat infus.. 
Oma yg wkt itu pas dateng, langsung nyuruh mama minum minyak kelapa+telor..”Biar ngeluarinnya gampang, de” gitu kata oma.. 
Krn mau diinfus, mm pindah ke ruang kala I 
Mm tanya, kalau ga berhasil juga gimana..kata dok..”ya terpaksa caesar ya Yonn” 
Sebelum dipindah, mama minta maaf dulu sama papa, opa, dan oma..minta didoakan semoga semuanya lancar 

Ruang Kala I 
Sebelum diinfus, mama disuruh BAB dulu sama suster.. 
Dipancing itu lhooooo…dengan air sabun…huahahahhaa…kalo inget lagi.. 
Pas mau ‘dipancing’ itu..pp sempet2nya ngeledekin mama..”selamat ya sayaaaang” 
Huaaaaaaaaa… 
Tp beneran lho..begitu selesai ‘dipancing’..langsung kerasa tuh gejolak.. 
Bukan… 
Bukan gejolak kamu mau lahir..tp gejolah mau buang hajat…whuuuaaaaaaa… 
Buru2 deh ke kamar mandi dengan gembolan perut yang besar.. 
Sialnya..ada orang pula di kamar mandi.. 
Mm udh ga peduli lagii… 
Agak digedor2 deh itu kamar mandi.. 
Akhirnya orangnya keluar…dan…mama legaaaaa… 
Ciiihhhuuuyyy.. 
Abis itu mm diinfus.. 
Subhanallaaaahhh…mulesnya bener2 langsung berasa 
Bener2 sakit.. 
But I hv this great strength in me untuk menahan itu rasa sakit.. 
Mm tdk mengekspresikannya dengan teriak2.. 
Pokoknya berusaha tenaaang banget..pdhal sakitnya ampun2an, Melv.. 
Sekitar jam 7an, mama dikasih obat apaaaaa gitu deh namanya, buat mempercepat pembukaan 
Bukan epidural lhooo…kalo itu kan buat penahan rasa sakit.. 
Lalu, sekitar jam 21.00 opa oma pulang ke rumah mereka.. 
Cuman tinggal mm dan pp aja.. 
Mm tetap menyembunyikan rasa sakit ini dari papa.. 
Kasian pp soalnya Melv..kamu kan tau seberapa sayangnya pp ke mm.. 
Tiap kesakitan dikiiiitt aja..langsung bener2 repot ngurusin mm.. 
Jadi..mm ga mau nambah beban pikiran papa..kasiaaaaannn soalnya.. 
Pp kan mau masuk ke dalam ruangan Kala II buat nyaksiin sendiri kamu lahir. 
Nanti kalau udah kalut duluan diluar..kan kasiaaaaannn… 
Mm semakin ngerasain kontraksi yang hebat.. 
Rasanya kayak ada yg mau pecaaaahh gitu.. 
Ehhhh…bener aja..tiba2 ada yang mancur keluar gitu.. 
Mm panik..”pecah..pecah..pecah..” 
Krn pp orangnya jumpy..pp terus lari keruangan suster sambil bilang juga “pecah..pecah..pecah..”
Hadwooh..please deeehh..padahal kan cuman pencet bel..hahahahahhahaha… 
Terus suster dateng deh..katanya gpp bu..berarti udah mau lahir.. 

Pas lagi pp keluar buat mindahin mobil, opa nelpon.. 
Opa nanya “gimana keadaannya, Yonna?” 
Mm jawab, “sakit pa..” 
Waahh..opa oma langsung meluncur lagi ke RS..hihihihi.. 

Sakitnya makin hebat, Melv.. 
Keringat mm yang keluar sebesar2 jagung.. 
Sakitnya masih mm pendam.. 
Mama ga teriak2, ga berontak2 di tempat tidur..pokoknya berusaha calm..sambil bolak balik tarik nafas 
Pp bener2 terussss disamping mm.. 
Somehow pp juga bisa ngerasain sakitnya mm.. 
Tapi mm tetap berusaha tenang.. 
Pdhl udah lemeeess bgt.. 

Saking sakitnya..mm manggil suster 
Minta dikasih epidural aja..tp kata suster ga bisa..krn jarak dari dikasih obat mempercepat pembukaan belum 6 jam.. 
Haiiyaaaahhh..ternyata mesti dinikmatin aja ini rasa sakit.. 
Sakiiit bangeetttttt…lemeeess bangettt… 
Pp udh dipesan wanti2 sama dok Ovy sehari sebelumnya..apapun yg terjadi, jangan biarin Yonna tidur pas udh diinduksi nanti..apalagi pas sakitnya udah luar biasa..tetap bikin Yonna bangun dan fokus yaaaa.. 
Dan dok Ovy jg pesan ke mama “kalau memang nanti udh capek dan ngantuk..pokoknya dengerin suami ya Yon..” 

Senin, 3 Juni 2002 
Sekitar jam 12 malam lewat..opa oma dateng.. 
Bacain doa ditelinganya mama.. 
Mama udah lemeeess banget.. 
Mata udah berat banget dan udah berasa juling2 gitu.. 
Tapi papa manggil2 mama terus..”Yo..tetep bangun ya sayang..” 
Sambil mama berusaha bertahan untuk tetap terbangun.. 
Samar2 mama lihat ada sosok hitam tinggii besaaaaaarrr di belakangnya papa.. 
Sempet terlintas..”is it my time?”.. 
Tp mm cepet jawab sendiri dalam hati “no, it’s not..” 

Melvyn.. 
Waktu itu mm bener2 udah ga ada kekuatan lagi.. 
Dalam hati mama bilang.. 
“Ya Allah..sy udah berusaha kuat dari tadi.. 
Tapi sekarang saya udah ga kuat lagi.. 
Saya udah ga bisa tahan lagi.. 
Saya mohon ya Allah..” 
Belum sempat mm selesaikan doa mama.. 
Tiba2 mm punya kekuatan super untuk langsung duduk dan teriak: 
“Mau pupup..mau pupup..susterrrr…aduuuhhh…mau pupup..” 

Suster malah berbondong2 dateng.. 
Katanya itu bukan mau pupup bu..tapi bayinya baru lahir.. 
Lhaaa..suster2nya langsung pd tergopoh2 semua.. 
Jadi ternyataaaaa…si pasien itu sebaiknya cerita ke susternya tiap kali dia merasa sakitnya meningkat.. 
Jadi akan dicek pembukaannya..kalau udah semakin dekat ke pembukaan 9, susternya akan manggil dok.. 
Hehehehe..jadi krn mm berusaha telan itu rasa sakit..mereka pikir mm baik2 aja dan pembukaan belum bertambah.. 
Lhaa ini jadinya dok dipanggil ke RS pas udah pembukaan 9..mana rumahnya di cibubur pulaaaaaa… 
Huuuuhuuuuhuuu… 
Dari ruang kala I mama disuruh jalan ke ruang kala II 
Rasanya waktu itu Melv udah mau jatuh keluar, pas mama jalan.. 
Pas udah masuk kala II, mm didudukkan di tempat duduk khusus untuk melahirkan 
Susternya bilang: “latihan ngejan dulu ya buuuu…” 
Lhaaaaaaaaa…kok disuruh latian ngejaaaannn…wong anaknya udah mau keluar… 
Waktu itu sekitar jam 02.00an dehhh… 
Sakitnya bener2 hebat..tiap kali kontraksi..mm minta para suster itu supaya ga megang2 mama.. 
Akhirnya ga berapa lama dr. Ovy dateng.. 
Dan mama langsung ready untuk ngelahirin Melvyn.. 
Papa waktu itu ada disamping mama.. 
Mm dengerin dan laksanakan baik2 komando dok. Ovy.. 
“Tarik nafas…push, Yon..” 
“Tahan…” 
“Tarik nafas…push, Yon..” 
Pas mama siap2 untuk tarik nafas yang ketiga.. 
Kok papa udah loncat2…dan udah ada tangisan bayi.. 
Subhanallah..kamu lahir dengan sempurna.. 
Warna kulit Melvyn waktu itu unguuuuuu….hihhhi…calon anak berkulit putih kayaknya niy.. 
Alhamdulillah..doa mama terkabul..Mm melahirkan secara normal, tanpa digunting, dan dengan 1 jahitan aja.. 
Melvyn lahir 3 Juni 2002, pukul 02.32 pagi.. 
Berat 3,3 kg..panjang 49cm.. 
Lucu deeehhh…waktu habis lahir..hidung Melvyn besaaaaaarr banget.. 
Tapi kamu gantenggggggg…..sekilas muka Melv waktu itu miriiiiip banget alm. Granpa Rudy.. 
*air mata ngembeng* 
Granny sempet dateng pas subuh buat ngeliat Melv sebentar aja..krn Granny wkt itu harus buru2 ke bandara untuk penerbangan ke Amerika. 

4 Juni 2002 
Mama ngotot ke dr. Ovy untuk minta pulang 
Yaaaaa…krn dok Ovy melihat mm gagah perkasa, akhirnya hari itu mm diperbolehkan pulang.. 
Enaknyaaa melahirkan normal.. 
Dirumah mm langsung ngurusin Melvyn.. 
Mandiin Melvyn, kasih ASI, nidurin Melvyn.. 

Selamat ulang tahun ya Nak.. 
Melvyn akan selalu jadi anak kebanggaan pp dan mm.. 
Anak kebanggaan keluarga.. 
*air mata ngalir beneran* 


Follow me on my free spirit tweet on Twitter @YonnaKairupan

Sunday, June 2, 2013

KAOS KAKI ITEMMMM


Ini bukan Ari Anggara. Tokoh utama anak tiri di film Ibu Tiri.. (lupa gw judulnya).
Ini Melvyn. Si kakak. Anak pertama di The Kairupan gw.

The story behind this pic adalah...
Ketika gw lagi duduk di sekolah, sambil nungguin twinster pulang sekolah.. si Kakak ngedatengin gw dan bilang.. "Ma, liat kaos kaki kakak nggak ma?"

Ya manalah gw liat? Lha wong gw duduk asoy di lobby sekolah kok yaa..
Dan gw liat si sulung cuman pake kaos kaki sebelah doang.. Lalu lanjut lari2 lagi.. sekilas gw liat, kaos kakinya warnanya item buangeettt krn dibawa lari2an... tanpa sepatu.

Geliiikk lah Big Mommy ngebayanginnya.
Ngebayangin kakinya yang berbungkus kaos kaki kotor sangat itu dimasukkan lagi ke dalam sepatunya.

Kebayang jadi penuh kumannya.
Kebayang jadi bau sepatunya.
Hidiiiihh...

Padahal sebelumnya abis ngeliat anak cewek lari2 juga di sekolah cuman make kaos kaki doang. Kaos kakinya warnanya sampe item banget di telapaknyaa...
Dan gw bilang ke temen gw: "hadooohh..itu anak nggak tau kali yaaa...susah bukan nyuci kaos kaki biar bersih lagi"

Lhaaa ternyata anak sendiri juga begitu cobaaaaaaa.....

Akhirnya begitu sampek di rumah, gw suruh si kakak nyuci kaos kakinya sendiri.
Harus sampe bersih!! Supaya dia bisa ngerasain bahwa butuh tenaga untuk jadiin kaos kaki itu bersih lagi. Supaya next time dia bisa mikir kalau mau lari2 di sekolahnya tanpa pake sepatu.

Melvyn nanya.."boleh diajarin mbak Eha dulu nggak ma?"
Gw bilang.."boleh..tapi mbak Eha cuman kasih instruksi aja.. harus kamu yang ngerjain.. Ehaaaa...kamu jangan kamu yang ngerjain yaa..nanti kamu kena sama saya kalau kamu yang ngerjain"

Eha terpaksa nurut. Soalnya Nanny yang satu ini kadang dia nggak mau anak2 kesusahan. Jadinya kan kadang krucil gw suka seenak betisnya aja tuuhh...

Sebetulnya siy..kaos kaki itu bisa aja siy gw suruh buang. Karena selain udah kotor sangat, cuman sebelah pulak. Karena sebelahnya lagi nggak ketemu ternyata. Cuman Melvyn harus belajar sesuatu.

Pas menuju kamar, bisa gw denger Eha ngomong gini ke Melvyn..
"Kak, lain kali kalau kaos kaki tinggal sebelah, dan udah kotor kayak gini, mending kakak buang aja...jadi kakak nggak usah nyuci"

Langsunglah gw gunakan toa di perut gw: "eeehh...nggak boleh gitu dong Ha.. Melvyn itu harus belajar tanggung jawab atas perbuatannya"

Akhirnya nyucilah si sulung. Dengan mbak Eha yang bertindak sebagai supervisor. Nunduk2 dia nyuci kaos kaki..

Gw: Bisa kak?
Melv: Bisa ma..
Gw: Good..
Melv: ternyata enak ma nyuci itu..
Gw: Kalau gitu sekalian aja nyuci baju mama..
Melv: ya nggak sanggup maaaa....

Follow me on my free spirit tweet on Twitter @YonnaKairupan

How Do You Talk to an Angel?

Scene 1: Di bagian mainan anak-anak. Tiba-tiba ada anak yang kira-kira umur 4 tahunan langsung teriak. "Mau yang ini!!!!" ...