Thursday, November 4, 2010

For the Eyes of Marshall

Ada apa dengan mata Marshall?
Well..basically they're fine. Ceritanya agak panjang siy. Cuman..yaahh..berhubung ini blog sendiri..gpplaaahh mau panjang ceritanya jugaaa.. :P

Marshall itu punya kebiasaan dari dia lahir, kepalanya sukanya miring ke kiri.
Bisa dibilang itu comfort positionnya dia laaahh..
Berawal dari dalam kandungan. Posisi Marshall adalah dibawah, ketiban sama Marvell yang posisinya di atas, yang lebih berat dari Marsh. Jadi Marsh sudah terbiasa dengan kepala yang miring ke kiri.

Begitu lahir dan mulai bisa tengkurep, keliatan sekali..Marsh sukanya kepalanya miring ke kiri.
Dan begitu Marshall berumur 1thn-an, mulai keliatan kalau salah satu bola mata Marshall kadang suka ga sinkron. Dalam artian..ga fokuslaahh.. Terkadang.

Akhirnya sama prof. Sofyan dikasih rujukan untuk ke dokter Lembah Redati. Dikasih surat pengantar. Dan untuk datang ke dr. Lembah, kami harus ambil nomor jam 4 pagi. :)))
Hasil observasi dr. Lembah waktu itu adalah seluruh syaraf mata Marshall baik, ga ada penyimpangan, dan ga ada kerusakan. Berarti Marshall tidak tergolong anak dengan mata juling. Tetapi umur 18bulan, kami harus membawa Marshall lagi untuk tes ketajaman mata. Karena dr. Lembah somehow curiga, itu masalah ketajaman mata. Jadi besar kemungkinannya Marshall akan pakai kacamata :(

Hasil tersebut kami bawa lagi ke prof. Sofyan. Dan prof. Sofyan menyarankan agar Marshall di terapi bagian lehernya. Kami dirujuk untuk ke dr. Angela. Dan dr. Angela mengatakan kalau Marshall harus diterapi, untuk menghilangkan otot kakunya. 10x terapi yang harus dijalankan. Kalau sesudah itu masih miring juga, katanya Marshall harus dioperasi kecil. Ga mauuuuuuu....

Dan kami pun rutin mengantar Marshall terapi ke RSCM. Menurut therapystnya, otot kakunya Marshall udh ga ada. Jadi cuman faktor kebiasaan aja. Alhamdulillah.

Tapi...
Makin kesini..kami makin ngeliat mata Marshall mulai sering ga fokusnya.
Dan makin kesini..Big Mommy makin panik. Akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke dr. Lembah..lagian kan emang harus balik juga bukaaann..hihihihi..disuruh balik lagi waktu anaknya umur 18 bulan, ini balik lagi pas anaknya umur 4tahun :P

Akhirnya kemarin, 3 November, si Ayah meluncur jam 4 pagi untuk ambil nomor antrian. Alhamdulillah dpt nomor 2.. Dan jam 4 sore teng..kami hadir disana..

Marshall fun banget ngejalanin serangkaian test dari dr. Lembah.
Dari mulai pake penutup mata..sampe pake kacamata John Lennon..hihihi..


Semua hasilnya bagus. Ketajaman matanya pun bagus.
Hanya tinggal 1 test lagi yang harus dijalani Marshall. Yaitu test akan apakah ada penyimpangan silindris yang bermakna, yang membuat mata Marshall kadang tidak fokus. Dan itu harus dilakukan di RS Aini.

Kabar bagusnya adalah, pada saat posisi normal, matanya baik-baik saja. Itu yang terpenting. Sehingga secara estetika masih bagus. Ketidakfokusan itu terlihat pada posisi tertentu.


Keliatan kan kalau posisi bola matanya tidak sejajar.
Dr. Lembah baru bisa memberikan statement final mengenai kondisi mata Marshall kalau sudah dilakukan test silindris di RS Aini.
Maka tadi pagi kami bawalah Marshall ke Aini. Dan Marshall masih kooperatif menjalani test ini.

Yang kasian adalah pas mau ditetesi obat ke matanya Marshall. Itu untuk membuat anak2an matanya Marshall melebar, supaya bisa dilihat penyimpangan silindrisnya. Menurut susternya..rasanya perih..
Begitu ditetes..tessss..tesssss...
My sweet Marshall kepedihan.. tapi ga nangis siiiy..
Dia cuman bilang.. "ooww..mommyyyy..." sambil berusaha ngucek2 matanya..
Hasilnya tinggal dibawa besok ke dr. Lembah. Semoga aja hasilnya bagus yaaa..
Ini Marshall lagi ngobrol sama kembarnya. Baru pisah pergi ke dokter aja padahaaall.. :))))
Well, let's see for the result tomorrow..and papa gotta go really early in the morning..


Notes: Marshall akhirnya menjalani Operasi di bola mata kanannya tanggal 19 April 2012. Please feel free to check April 2012 posts :)

2 comments:

  1. Hi siz.. boleh bertanya2 tentang dokter lembah?? boleh email aku?? violita83@gmail.com thanx so much

    ReplyDelete
  2. Mbak boleh berbagi kisah tentang Marshall? Saya punya anak perempuan umur 4 tahun 7 bulan Miceline namanya. Cita2nya jadi pilot, tapi kondisi matanya seperti juling. Sedih dengar kalo dia bilang " Mah, aku suka makan wortel yang banyak biar mataku sehat. Trus aku bisa jadi pilot bawa mama jalan2 ke langit kalo malam!"
    Makasih sebelumnya ya Mbak.

    M I L A (mila.dew@gmail.com or mila_dew@yahoo.com)

    ReplyDelete

How Do You Talk to an Angel?

Scene 1: Di bagian mainan anak-anak. Tiba-tiba ada anak yang kira-kira umur 4 tahunan langsung teriak. "Mau yang ini!!!!" ...